OmahKido: Kami siap melayani anda untuk memenuhi kebutuhan Pembayaran Tagihan, Pembelian Pulsa HP, Pembelian Tiket Pesawat dan KAI

Saturday, October 2, 2010

"i just checked-in"

"OmahKido just checked-in @ OmahKido" Semakin banyak dan akan semakin sering kita melihat dan membaca status dari seorang teman kita yang tertaut didalam suatu website jejaring sosial, salah satunya di Facebook, yang tertuliskan seperti kalimat yang di dalam tanda petik di awal postingan ini. Ya, itu suatu status yang dapat dibuat dengan bantuan suatu fitur aplikasi yang dikenal dengan Fourquare.

Foursquare adalah sebuah aplikasi telepon selular yang membantu penggunanya untuk menemukan sebuah cara baru dalam melakukan eksplorasi sebuah kota. Foursquare juga membantu penggunanya untuk bertemu dengan teman-teman dalam dunia maya. Foursquare merupakan sebuah situs web jejaring sosial yang berdasar kepada lokasi dari si pengguna, software dari telepon selular, dan juga merupakan sebuah permainan. Pengguna dari situs web ini bisa memberitahukan lokasi terbarunya atau yang disebut check-in melalui pengiriman SMS atau melalui sebuah aplikasi yang mendukungnya. Dalam melakukan check- in lokasi, pengguna akan mendapatkan sejumlah poin . Ketika pengguna melakukan check- in yang menurut situs ini menarik, maka pengguna akan mendapatkan sebuah badge . Situs ini diciptakan oleh Dennis Crowley dan Naveen Selvadurai  yang kemudian dibantu oleh Harry Heymann, Nathan Folkman, Mike Singleton, Tim Vetter, Evan Cohen, Peter Nofelt, Mark Wyszomierski, Anoop Ranganath, Chrysanthe Tenentes, Mari Sheibley, Jason Liszka, Alex Rainert, Tristan Walker dan Jon Hoffman.


Kalo membaca mengenai tujuan awal dibangunnya Foursquare oleh para pendirinya tentu suatu hasil positif yang diharapkan sebagai hasil akhirnya. Namun apakah semua orang di dunia ini juga akan berpikiran sama dengan para pendiri Foursquare ini ??

Sebagai contoh kita melakukan Checked-in dengan tambahan status "istirahat dirumahku .. kamarku tercinta.." Kemudian berselang beberapa hari kemudian kita kembali melakukan Checked-in di suatu tempat wisata dalam acara liburan bersama keluarga, di saat kita Checked-in itu kita menambahkan status tambahan : "Asyiknya liburan bersama seluruh keluarga..."
Dan dimana status "Checked-in" kita publish ke Facebook, maka mau tidak mau seluruh orang yang tertaut dan menjadi teman kita di situs Facebook bisa dan akan melihat status tersebut, dan jelas akan mengetahui dua hal, yaitu pertama "anda" bertempat tinggal di suatu daerah dimana daerah tersebut dapat diketahui dengan mudah karena di saat kita Checked-in itu Foursquare juga akan menampilkan tampilan suatu peta mini yang menunjukkan posisi anda dimana, kemudian hal kedua, anda akan diketahui orang banyak bahwa anda sedang berpergian jauh dari rumah bersama keluarga.
Di dalam contoh diatas sepertinya tidak ada suatu hal yang terlalu istimewa, paling juga beberapa teman akan memohon untuk dikasih oleh-oleh setelah anda pulang dari liburan, atau sekedar meninggalkan komentar bahwa teman anda merasa iri hati karena lagi sangat berkeinginan untuk bisa pergi ke tempat wisata tersebut. Hal ini adalah suatu hasil akhir yang positif, tapi pernahkah terbesit di dalam pikiran anda, bahwa ternyata ada orang yang sebenarnya selalu mempunyai niat buruk dan jahat yang ternyata telah tertaut dan menjadi teman anda di Facebook ?? Jika hal ini terjadi maka bisa jadi suatu hasil buruk bakal terjadi, bisa jadi orang yang berniat buruk itu menggunakan kesempatan untuk menjarah dan merampok se isi rumah anda disaat anda bersenang-senang liburan bersama keluarga anda di suatu tempat.

Kita sebagai individu sebisa mungkin untuk selalu berpositif thinking terhadap segala hal, namun banyak juga individu yang menggunakan suatu hal ini menjadikan suatu kesempatan demi kebutuhan mereka pribadi. Semoga hal ini tidak akan pernah terjadi di dalam kehidupan kita, namun sebaiknya kita harus selalu waspada dan menjaga seluruh kemungkinan yang bisa terjadi dari setiap tindakan kita, walaupun itu hanya kita lakukan di dalam kehidupan dunia maya.

No comments: